Focus group atau kelompok fokus

Focus group atau kelompok focus, merupakan teknik perencanaan partisipasi public yang diilhami oleh kegunaannya dalam industry periklanan. Focus group merupakan sampel representative dari konsumen atau masyarakat yang terbentuk melalui pengaturan informal seperti halnya visioning, diskusi akan terarah pada subjek yang banyak atau khusus. Focus group tidak mahal dan lebih cepat untuk survey masyarakat berskala besar. Namun, partisipan yang dominan dapat membelokkan respons focus group.

Karakteristik focus group discussion (FGD) dalam perencanaan disajikan:

(1) karakter FGD adalah proses kerjasama jangka pendek dan intensive yang biasanya digunakan ketika merancang proyek. Perencanaan masyarakat, dan membangun consensus.

(2) karaktek FGD melibatkan sekelompok kecil dari kalangan professional maupun masyarakat yang bekerja pada sector informal untuk menghasilkan produk. Jika produk tersebut lebih berorientasi professional (seperti subdivisi), kelompok itu harus terdiri dari para professional. Jika produk lebih berorientasi consensus maka kelompok itu harus terdiri dari masyarakat.

(3) ada lima hal yang biasa digunakan sebagai karakter FGD.