Cek (check)

Cek (check)|toturial akuntansi

Cek (check) adalah dokumen tertulis yang ditandatangani oleh deposan (khusus rekening giro), yang dimana meminta bank untuk membayarkan sejumlah uang ke individu atau entitas tertentu. Ada tiga pihak yang terlibat dalam proses penerbitan sampai pencairan cek, yaitu pembuat/penarik cek, bank, dan penerima cek.

Pembuat atau penarik cek adalah orang yang menandatangani atau menerbitkan cek dan meminta bank untuk melakukan pembayaran. Bank adalah pihak dimana cek tersebut ditarik. Adapun penerima cek adalah pihak dimana cek tersebut terutang atau pihak dimana pembayaran ditunjukkan.

Ada dua jenis cek menurut penerimaannya, yaitu

1. Cek yang masih beredar (outstanding check)

Cek yang masih beredar adalah cek yang belum diuangkan oleh penerimanya. Pihak perusahaan didalam pembukuannya sudah mengurangi besarnya saldo cash in bank sebagai pembayaran utang ke kreditur atau supplier dengan menggunakan cek, namun sampai dengan akhir bulan kreditur/supplier tersebut belum juga mencairkan ke bank sehingga saldo cash in bank menurut rekening koran bank belum mencerminkan pembayaran tersebut (belum didebit oleh bank bersangkutan). Untuk tujuan rekonsilias bank, cek yang masih beredar ini sifatnya akan mengoreksi (mengurangi) besarnya saldo cash in bank menurut rekening koran.

2. Cek tidak cukup dana (not sufficient fund check)