Dividen (dividends)

Dividen (dividends)|Toturial akuntansi

Dividen adalah tingkat akumulasi laba bersih yang cukup baik, dari satu periode ke periode berikutnya yang dimiliki oleh perusahaan, biasanya memiliki potensi untuk dapat membagikan sebagian dari laba bersih tersebut kepada pemilik perusahaan (pemegang saham). Distribusi laba bersih kepada pemegang saham ini dilakukan dalam bentuk dividen. Umumnya, dividen diberikan adalah berupa uang kas atau saham biasa. Dividen merupakan satu daya tarik yang membuat investor mau menginvestasikan uangnya ke dalam saham perseroan. Baik pengumuman dividen tunai maupun dividen saham akan berdampak pada pengurangan laba ditahan. Dividen tunai maupun dividen saham akan dilaporkan sebagai pengurangan laba ditahan pada saat dividen tersebut diumumkan, tidak menunggu sampai dividen tersebut dibayarkan ataupun dibagikan.

Dividen itu sendiri terbagi menjadi 3 macam, yaitu dividen saham biasa (common stock dividends), dividen saham biasa yang dapat dibagikan (common stock dividends distributable), dan dividen tunai (cash dividends). Berikut akan menjelaskan masing-masing dari dividen diatas.

Dividen saham biasa (common stock dividends)

Pada umumnya, dividen saham dibagikan dalam bentuk saham biasa dan diterbitkan kepada para pemegang saham biasa. Efek dari dividen saham terhadap laporan keuangan investee (perusahaan yang membagikan dividen) adalah mengurangi laba ditahan dan menambah modal disetor. Akan tetapi, tidak seperti dividen tunai, dividen saham tidak akan memperngaruhi total aktiva, total kewajiban, maupun jumlah modal pemegang saham. Total aktiva tidak  terpengaruh oleh karena tidak ada pembayaran kas (aktiva) dalam pembagian dividen saham. Demikian juga, jumlah modal pemegang saham tidak terpengaruh oleh karena besarnya penurunan laba ditahan sebanding dengan besarnya peningkatan modal disetor umumnya adalah nilai pasar wajar dari saham yang diterbitkan dalam dividen saham. Pada akhir periode akuntansi, ayat jurnal penutup juga akan dibuat untuk mentransfer saldo akun dividen saham ke laba ditahan, yaitu dengan cara mendebetkan akun laba ditahan dan mengkreditkan akun dividen saham.

Dividen saham biasa yang dapat dibagikan (common stock dividends distributable)

[]).push({});